Selasa, 27 Desember 2011

Saatnya Berbagi Dengan Mereka (Anak-Anak di Shelter Gondang 1)

Hari Sabtu kemarin (24 Desember 2011) merupakan hari yang berkesan buat diriku dan mungkin untuk teman-teman Komunitas Jendela. Yap, Sabtu kemarin itu kita, komunitas Jendela, membuat workshop membuat topeng bersama anak-anak di Shelter Gondang 1, Cangkringan,Merapi. Workshop pun dimulai sekitar pukul 10.30 yang bertempat di balai Shelter, dan anak-anak yang datang untuk bergabung bersama kami tuh lumayan banyak dan itu membuat workshop diadakan di tempat yang luas sehingga bisa menampung semua anak-anak tersebut, dan itu di balai Shelter..:)

Cerita ini pun dimulai..

Teman-teman komunitas Jendela yang datang hari Sabtu kemarin itu ada  10 orang, antara lain Mas Nanang, Mbak Dhani, Tataw, Nope, Denisa, Safura, Etha, Gilang, Intran dan aku sendiri ditambah dengan teman baru kami yaitu Marieke dari Belanda . Dan mulailah workshop pembuatan topeng ala Komunitas Jendela dan anak-anak dari Shelter 1 Gondangdia, Cangkringan,Merapi.

Workshop ini dimulai dengan memperlihatkan bahan-bahan yang sudah ada ke anak-anak dan ternyata bahannya tuh lumayan gampang dicari yah, seperti karton,origami,crayon dan gunting serta lem ^.^ (gampang kan?,hehe). Yuk mulai workshopnya..:)

Awalnya, aku kebagian tugas menggunting-gunting karton besar menjadi karton kecil karena ada beberapa anak yang belum dapat kartonnya. Setelah tugas itu pun selesai,aku mendekati seorang anak kecil yang bahkan aku ajak ngobrol tuh susah bangeet, dia hanya melihat aku dengan kedua bola matanya yang besar. Waktu itu aku bingung banget, "ini gimana biar aku dekat dengan dia?" Dan aku pun akhirnya mengambil potongan karton dan membuat pola topengnya terus pas selesai aku gunting , aku langsung kasih ke anak kecil itu dan aku pun mengambil crayon dan dia pun langsung menggambar topeng tersebut dengan tangannya yang mungil itu. ^.^ (Akhirnya aku bisa ngajak dia untuk ikutan temannya membuat topeng)

Aku bersama dia..^.^

Anak itu pun akhirnya menggambar topeng dia dengan warna-warna yang beraneka ragam dan ketika topeng itu sudah jadi, aku pun bangga dengan dia. Dia berhasil membuat topengnya sendiri, berhasil mewarnai topengnya sendiri, berhasil mengimajinasikan warna crayon apa yang harus dipilih untuk warna topengnya, apapun hasilnya tetap aku bangga dengan anak tersebut. ^.^

Workshop Hari Sabtu kemarin itu menjadi salah satu hari yang menyenangkan buat aku,teman-teman dan anak-anak. Kita berkreasi, berimajinasi, mengekspresikan apa yang kita mau bersama-sama dan yang paling penting kita itu tertawa bersama.



Itu adalah salah satu cerita aku dengan anak-anak di Shelter Gondang 1 Cangkringan Merapi bersama teman-teman  Komunitas Jendela, semoga tulisan ini hanyalah yang menjadi pertama bukan yang terakhir dalam menceritakan kisah aku berbagi dengan anak-anak di Shelter Gondang 1. ^.^

Kami bersama dengan anak-anak..^.^

1 komentar: